Selasa, 23 Desember 2008


hey teman-teman.....

kalo Lagi strees bisa coba tips ini.....

Atasi Stress dengan Stop Stress 16

Kenali stress

Gejala-gejala stres mencakup mental, sosial dan fisik. Kita mungkin akan merasa kelelahan berlebihan, kehilangan/meningkatnya napsu makan, pusing, sering menangis, sulit tidur dan tidur berlebihan. Mengkonsumsi alkohol, narkoba, atau perilaku kompulsif lainnya sering merupakan indikasi-indikasi dari gelaja stres. Demikian juga perasaan was-was, frustrasi, atau kelesuan dapat muncul bersamaan dengan terjadinya stres.

Stress banyak dialami mahasiswa pada saat menjelang ujian, pria yang diminta menikahi pacarnya, blogger yang page rank-nya masih bulat telor dan alexa rank yang masih berada di ujung dunia maya, daann...masih banyak lagi orang yang rawan stress.

Manajemen stres

Manajemen stress adalah kemampuan untuk mengendalikan diri ketika situasi di sekitar kita memberi tuntutan yang berlebihan.

Jika beberapa atau seluruh gejala stress telah kita ketahui dan sadari, lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini bebrapa tips untuk mengatasi stress yang kami kumpulkan dari berbagai sumber.

1. Perhatikan lingkungan sekitar kita

Lihatlah apakah mungkin situasi tersebut dapat kita ubah atau kendalikan.

2. Jauhi lingkungan yang penuh tekanan

Luangkan waktu untuk beristirahat biarpun hanya untuk beberapa saat setiap hari. Yang penting disini adalah kemampuan untuk benar-benar memanfaatkan waktu istirahat kita, bukan lamanya waktu istirahat.

3. Jangan mempermasalahkan hal-hal yang sepele

Berilah prioritas pada beberapa hal yang benar-benar penting dan biarkan yang lainnya mengikuti. Kita bukanlah manusia super yang mampu menyelesaikan segalanya dalam sekejap, lakukanlah secara bertahap.

4. Ubahlah cara anda bereaksi

Ubahlah cara bereaksi terhadap sesuatu, tapi jangan sekaligus, lakukan secara bertahap. Fokuskan pada satu masalah dan kendalikan reaksi anda terhadap masalah tersebut.

5. Hindari reaksi yang berlebihan

Mengapa memendam kebencian selama berhari-hari jika sehari saja sudah cukup? Mengapa harus merasa bingung jika cukup dengan hanya merasa gugup? Mengapa harus mengamuk jika marah saja sudah cukup? Mengapa harus depresi ketika cukup dengan merasa sedih?

6. Tidur secukupnya

Tubuh kita perlu istirahat, kurang istirahat hanya akan memperburuk stress. Dan akibatnya pekerjaan kita tidak dapat diselesaikan dengan sempurna.

7. Hindari alkohol dan obat-obatan

Penggunaan alkohol dan obat-obatan hanya menyembunyikan stres. Namun tidak dapat membantu memecahkan masalah.

8. Carilah cara relaksasi terbaik dan ternyaman versi Anda

Cara relaksasi masing-masing orang akan berbeda. Bagi sebagian orang, meditasi dan latihan pernafasan telah terbukti efektif dalam mengendalikan stress. Berlatihlah untuk menjernihkan pikiran anda dari pikiran-pikiran yang menggangu.

9. Tentukan tujuan yang realistis bagi diri anda sendiri

Dengan mengurangi jumlah kejadian-kejadian yang terjadi dalam hidup anda, anda akan dapat mengurangi beban yang berlebihan.

10. Jangan membebani diri anda secara berlebihan

Jangan pernah mengeluh mengenai seluruh beban kerja anda. Tangani setiap tugas sebagaimana mestinya, atau tangani secara selektif dengan memperhatikan beberapa prioritas.

11. Ubahlah cara pandang anda

Belajarlah untuk mengenali stress. Tingkatkan reaksi tubuh anda dan buatlah pengaturan diri terhadap stress.

12. Lakukan sesuatu untuk orang lain

Untuk melepaskan pikiran dari masalah anda sendiri, berbagi cerita dengan orang lain akan dapat mengalihkan perhatian kita terhadap masalah yang sedang kita hadapi. Selain itu dengan bersilaturahmi, maka usia kita akan semakin panjang. Mengurung diri di rumah hanya akan menambah stress dan buntu pikiran kita.

13. Hindari stress

Lakukan kegiatan-kegiatan fisik, misalnya jogging, tennis ataupun berkebun. Hiburlah diri Anda!

14. Tingkatkan ketahanan diri anda

Mengapa kita harus bersedih untuk hal-hal yang sepele atau bahkan belum nyata? Untuk apa marah jika kita masih mampu tersenyum? Untuk apa curiga jika kita tak tahu fakta sebenarnya?

15. Cobalah untuk ?memanfaatkan? stress

Jika anda tidak dapat melawan apa yang mengganggu anda, dan tidak dapat menghindar darinya, berjalanlah seiring dengannya dan cobalah untuk memanfaatkannya secara produktif.

16. Cobalah untuk menjadi seseorang yang positif

Tanamkan pada diri anda bahwa anda dapat mengatasi segala sesuatu dengan baik daripada hanya memikirkan betapa buruknya segala sesuatu yang terjadi. Stress sebenarnya dapat membantu ingatan, terutama pada ingatan jangka pendek dan tidak terlalu kompleks. Stress dapat menyebabkan peningkatan glukosa yang menuju otak, yang memberikan energi lebih pada neuron. Hal ini, sebaliknya, meningkatkan pembentukan dan pengembalian ingatan. Di sisi lain, jika stress terjadi secara terus-menerus, dapat menghambat pengiriman glukosa dan mengganggu ingatan.

Mulailah upaya mengurangi stress pada diri Anda dengan tersenyum sebanyak 3 kali. Mulai dari........sekarang!

Tidak ada komentar: